| 0 komentar ]

Saya sering mendapat pertanyaan berkenaan dengan ilmu baru yang saya geluti sekarang. Banyak orang dalam pembicaraan dengan saya berusaha mencari kecocokan antara apa yang saya pelajari sekarang dengan implikasi praktisnya nanti setelah saya selesai menuntut ilmu. Mengingat ilmu yang saya geluti sekarang sangat rasional empiris dan obyeknya nyata. Sementara ilmu sebelumnya yang telah saya miliki dianggap ilmu abstrak yang tidak bisa diukur, dibobot dan tidak perlu pembuktian ( bukan semacam ilmu kanuragan seperti milik Brama Kumbara atau Mantili lho!). Oleh karena itu saya tuliskan saja di sini apa-apa yang saya pelajari sekarang supaya setidaknya pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan kepada saya berkenaan dengan korelasi antara ilmu Media dan Komunikasi dengan tugas praktis saya bisa ditemukan.

Semester satu ini kuliah yang harus kami ikuti adalah : Filsafat Ilmu Sosial yang dipandhegani oleh begawan FISIP Unair yaitu Prof. Soetandyo Wignyosoebrata dan kadang –kadang Budi Setiawan,Msi (pengajar dari Dept. Anthropologi), Kemudian Teori Sosial diajar oleh DR.Mustain Mashud (pengajar dari Depart.Sosiologi)wakil dekan FISIP Unair, lalu Teori Komunikasi oleh Dra. Sri Moerdijati,MS (pengajar dari Depart.Komunikasi). Sedang Metode Penelitian Sosial diajar oleh 3 pengajar yaitu DR.Emmy, Sutinah,MS, DR. Daniel Sparingga (semuanya dari Depart.Sosiologi). Terakhir adalah Sosiologi Media oleh Rachmah Ida, Ph.D dan Prof.Hotman Siahaan (ini gabungan dari Depart. Komunikasi dan Sosiologi- mohon maaf titelnya tidak ditulis dengan komplit).

Pelajaran telah berlangsung setengah semester. Sayang sekali baru bisa saya ceritakan di pertengahan ini karena berpikir membuat blog baru saja. Itu saja saya pilih point-point saja. Saya senang kalau teman-teman yang membaca bisa melengkapi tulisan review pelajaran yang saya dapatkan.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan berkomentar